Kota Serang– kemajuanrakyat.id-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten terus berkomitmen meningkatkan pengelolaan arsip surat menyurat melalui Aplikasi Srikandi. Kegiatan sosialisasi aplikasi digelar Kamis (13/11/2025), diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan bidang di lingkungan Bapenda.
Kasubag Umum Bapenda Provinsi Banten, Ade Ikbal, SE, MM, mengatakan bahwa penerapan aplikasi ini merupakan tindak lanjut amanat Kementerian PAN-RB dan Peraturan Gubernur (Pergub) Banten Nomor 18 Tahun 2023 tentang penerapan Srikandi di instansi pemerintahan.
“Aplikasi Srikandi digunakan secara nasional untuk arsip surat menyurat, baik surat keluar maupun surat masuk. Jika semua sudah menggunakan Srikandi, maka seluruh dokumen otomatis akan terarsipkan dengan baik,” jelas Ade.
Ia menyebutkan, seluruh SKPD di Provinsi Banten diwajibkan menerapkan aplikasi ini. Di Bapenda sendiri terdapat 12 UPT dan 4 bidang yang menjadi sasaran sosialisasi agar seluruh ASN dari pimpinan hingga staf memahami sistem Srikandi.
“Kita ingin semua mulai dari Kepala Badan, Kepala Bidang, Kepala UPT, hingga staf bisa menggunakan Srikandi. Semua ASN wajib memiliki akun masing-masing,” ujarnya.
Menurut Ade, aplikasi Srikandi dikembangkan secara nasional dan bukan hanya untuk Provinsi Banten. Untuk wilayah Banten, pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD).
Namun, Ade mengakui masih ada kendala teknis di lapangan, terutama terkait jaringan, karena sistem pengelolaan berada di pusat, bukan di Dinas Kominfo daerah.
“Evaluasi dan pendampingan penggunaan Srikandi dilakukan oleh pihak berwenang, termasuk dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,” tambahnya.
Kegiatan sosialisasi juga diisi dengan praktik langsung penggunaan aplikasi oleh perwakilan dari 12 UPT. Pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan turut hadir untuk memberikan arahan teknis serta memastikan ASN memahami cara kerja sistem digital tersebut.
“Dengan pendampingan ini, kami berharap seluruh ASN di Bapenda dapat memahami tata cara penggunaan Srikandi dan menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari,” tutup Ade.
( ADV/Yuyi Rohmatunisa)














Komentar