Serang, Kemajuanrakyat.id-Hotel Pangestu, yang didirikan pada tahun 1985 telah menjadi salah satu pilihan akomodasi favorit di pusat kota Serang.
Dalam wawancara dengan Yuyi Rohmatunisa wartawan Kemajuanrakyat.id media online. Jum’at, (13/12/2024).
Diah Kartika Rini, generasi kedua pemilik hotel ini, menceritakan sejarah panjang dan perjalanan bisnis keluarga yang telah melewati banyak tantangan.
Hotel Pangestu awalnya dimiliki oleh almarhum dr. Sukarjo Wongso Sumarto, Sp.An, dan Istrinya Neti Sulasiah. Beliau seorang dokter spesialis anestesi yang juga sempat menjabat sebagai tim ahli kepresidenan dan dokter pribadi Presiden Soeharto serta dokter pribadi Menteri Koordinator Pekerjaan Umum dan Tenaga Penilaian Kontruksi,
Ir. Soetami hingga akhir hayatnya. Mereka membangun hotel ini dengan tujuan menyediakan penginapan yang nyaman dan terjangkau bagi masyarakat.
“Hotel Pangestu memiliki lokasi yang strategis di Jl. Jenderal Ahmad Yani, No. 55, Cipare, Serang, Banten. Aksesnya mudah dijangkau dan menawarkan harga yang terjangkau, sekitar Rp.150.000 hingga Rp. 200.000 per malam,” ungkap Diah.
Meskipun memiliki fasilitas yang sederhana, Hotel Pangestu dikenal dengan suasana kekeluargaan yang terjaga. Dengan luas lahan 2.000 m² dan jumlah karyawan yang hanya 8 orang, hotel ini tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu.
Paska – pandemi Covid 19, Diah mengungkapkan bahwa Hotel Pangestu sempat mengalami penurunan yang signifikan dalam tingkat hunian. “Saat pandemi, kami sempat kesulitan untuk membayar karyawan karena tidak ada tamu yang menginap. Namun, alhamdulillah, situasinya mulai membaik sekarang,” tambahnya.
Meski sudah ada renovasi kecil – kecilan dan penambahan fasilitas, bangunan Hotel Pangestu tetap mempertahankan tekstur aslinya. “Kami ingin tetap menjaga ciri khas dan sejarah bangunan ini, meskipun ada modifikasi di beberapa bagian,” ujar Diah.
Diah berharap, dengan perbaikan dan renovasi yang terus dilakukan, Hotel Pangestu dapat terus berkembang dan memberikan kenyamanan lebih bagi para pengunjung.
“Semoga semakin banyak tamu yang berkenan menginap di hotel kami dan kami bisa terus meningkatkan kualitas pelayanan,” tutupnya.
( Yuyi Rohmatunisa)
Komentar